Thursday, December 20, 2012

Tentang Proposal Penelitian

proposal penelitian

Apa itu proposal penelitian?

Blog ini saya buat untuk anda yang sedang kesulitan saat menyusun sebuah proposal penelitian. Proposal penelitan tersebut biasanya dibutuhkan oleh seorang peneliti atau mahasiswa sebelum melakukan penelitian atau percobaanya, penelitian tersebut sangat banyak sekali macampunya mulai dari hanya sekedar untuk memenuhi tugas kuliah, skripsi, tesis dan lain-lain.
 
Tema penelitiannya pun bermacam-macam mulai dari sains, sosial atau hukum. Penelitian dengant ema sains juga memiliki berbagai macam jenisnya, seperti penelitian tentang Sel di bidang Biologi

Sebuah proposal penelitian serupa dalam beberapa cara untuk sebuah proposal proyek, namun, proposal penelitian membahas suatu proyek tertentu: penelitian akademik atau ilmiah. Bentuk dan prosedur untuk penelitian tersebut didefinisikan dengan baik oleh bidang studi, sehingga pedoman proposal penelitian umumnya lebih menuntut daripada proposal proyek kurang formal.  

Proposal penelitian berisi review literatur yang luas dan harus menawarkan dukungan meyakinkan dari kebutuhan untuk studi penelitian yang diusulkan. Disertasi doktor dimulai dengan proposal penelitian, proposal harus diterima oleh panel ahli (biasanya profesor) sebelum penelitian yang sebenarnya dapat dimulai. Selain memberikan alasan untuk penelitian yang diusulkan, proposal harus menggambarkan metodologi rinci untuk melakukan penelitian - metodologi yang konsisten dengan persyaratan bidang profesional atau akademis. Link di bawah ini memberikan penjelasan dan contoh proposal penelitian.

Sekian postingan saya tentang proposal penelitian.

No comments:

Post a Comment